Posted by : Unknown Sabtu, 31 Agustus 2013



Jakarta (Pinmas) —- Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali secara terang-terangan menolak adanya wacana tes keperawanan yang muncul di masyarakat. Menurut Menag, wacana untuk dilakukannya tes keperawanan itu tidak etis dan merendahkan pihak perempuan.
Wacana adanya tes keperawanan ini bisa jadi lampu merah bagi dunia pendidikan. Menurut Menag, menjaga moral anak didik terkait pergaulan bebas, bukan itu solusinya. Menjaga moral anak didik perlu perhatian bukan hanya dari lembaga pendidikan, tapi juga keluarga.
“Harus ada langkah efektif dan sinergis dari lembaga pendidikan dan keluarga menjaga anak didik di lingkungannya,” ujar Menag, Rabu (28/08). Lembaga pendidikan dan keluarga harus satu tujuan membentuk anak didik yang berilmu, bertakwa dan berakhlak mulia.
Kalau kedua pihak ini tidak sinergis maka susah untuk menjaga moral anak didik, terutama di tengah pergaulan bebas anak muda saat ini. Menag khawatir apabila tes keperawanan tersebut dilakukan dampaknya tidak baik bagi jangka panjang.
Salah satu kekhawatirannya, bukan hanya merendahkan harkat dan martabat siswi dan perempuan saja, tapi juga mengganggu kejiwaan yang bersangkutan. Dampaknya, lebih jauh akan memunculkan stigma yang tidak baik bagi pendidikan di Indonesia.
Menag mengumpamakan, bila tes tersebut dilaksanakan dan ada siswi yang lolos tes keperawanan. “Apakah itu akan menjamin ia akan bermoral baik? Dan tidak ada jaminan setelah tes keperawanan, siswi itu juga tetap menjaga keperawanannya.”
Itu juga memunculkan ketidakadilan, “Bagaimana dengan menjaga moral siswa, apakah dilakukan tes keperjakaan juga?,” tanyanya.
Karena itu, Menag menegaskan menolak sama sekali wacana tes keperawanan tersebut, khususnya di lembaga pendidikan Islam dibawah Kementerian Agama. “Saya pastikan, madrasah dan pesantren tidak ada tes keperawanan itu.” (amri amrullah)

sumber : http://www.kemenag.go.id

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

- Copyright © Kemprit (Kumpulan Entri Inspiratif) -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -