Posted by : Fizar Ramadhan Kamis, 09 Juni 2016


Imunisasi adalah suatu usaha memberikan kekebalan bayi dan anak terhadap penyakit. Imunisasi suatu tindakan dengan sengaja memasukkan vaksin berupa mikroba hidup yang sudah dilemahkan. Dimana imunisasi dapat menimbulkan kekebalan terhadap tubuh. Imunisasi juga dapat dikatakan suatu tindakan dengan sengaja memasukkan vaksin yang berisi mikroba hidup yang sudah dilemahkan pada balita. Imunisasi merupakan salah satu pencegahan penyakit infeksi senus yang paling efektif (Proverawati dan Andhini, 2010).


Dari pengertian di atas imunisasi memang penting bagi bayi dan anak-anak dalam pencegahan penyakit. Hal ini bisa membuat imun yang diberi imunisasi lebih kuat jika terserang penyakit. Menurut Proverawati dan Andhini (2010), imunisasi sebagai salah satu cara untuk menjadikan kebal pada bayi dan anak dari berbagai penyakit, diharapkan anak atau bayi tetap tumbuh daam keadaan sehat. Pada dasarnya dalam tubuh sudah memiliki pertahanan secara mandiri agar berbagai kuman yang masuk dapat dicegah, pertahanan tubuh tersebut meliputi pertahanan non spesifik dan pertahanan spesifik, proses mekanisme pertahanan dalam tubuh pertama kali adalah pertahanan non spesifik seperti komplemen dan makrofag dimana komplemen dan makrofag ini pertama kali akan memberikan peran ketika ada kuman yag masuk kedalam tubuh.

Akan lebih baik jika imunisasi ini dilakukan, terutama pada bayi dan anak-anak yang masih rentan penyakit. Memang ini tidak membuat kebal tetapi membuatnya lebih kuat.




Daftar Pustaka

Proverawati dan Andhini, 2010. Imunisasi dan Vaksin. Nuha Medika (NUMED)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Pengikut

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini

- Copyright © Kemprit (Kumpulan Entri Inspiratif) -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -